♥selamat datang di blog saya♥bisa karena terbiasa♥terima kasih sudah mampir♥

Friday, November 7, 2014

0

Sistem Informasi, Organisasi, Manajemen

Hubungan antara Sistem Informasi (SI), Organisasi dan Manajemen. Apakah baik-baik saja atau tidak???
Jadi, dimulai dari SI. Apa sih Sistem Informasi itu??? SI adalah suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen dalam ORGANISASI untuk menyajikan informasi. Dilihat dari pengertian sistem informasi sendiri sudah terlihat ada hubungan antara SI itu dengan organisasi.
Kemudian lanjut, organisasi itu apa memangnya? Dalam KBBI organisasi didefinisikan sebagai kelompok kerjasama antar orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan menurut Ernie dan Kurniawan organisasi merupakan sekumpulan orang / kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya mewujudkannya dengan kerjasama. Kalau menurut Giffin (2002) organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan koordinasi tertentu untuk mencapai serangkaian tujuan. Nah dari pengertian organisasi yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa kesamaan diantara ketiganya, yaitu sekelompok orang, kerjasama dan satu tujuan. Jadi kita bisa menarik kesimpulan bahwa organisasi adalah suatu wadah untuk sekelompok orang yang mempunyai satu tujuan tertentu dan saling bekerjasama demi tercapainya tujuan tersebut. Contoh dari organisasi yang tidak asing bagi kita adalah OSIS, ya teman-teman kita mulai dari SMP atau SMA pasti tahu kan? Mungkin malah ada/banyak dari teman-teman yang jadi pengurus OSIS.
Kemudian MANAJEMEN. Menurut KBBI manajemen adalah penggunaan sumber daya yang efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan / sasaran tertentu. Sedangkan menurut etimologinya (asal kata) *wah ini panjang* intinya manajemen berasal dari bahasa italia yang mulanya serapan dari bahasa latin yang terpengaruh prancis, kemudian bahasa prancis tersebuh mengadopsi dari bahasa inggris, dan jadilah manajemen dalam bahasa Indonesia *kwkwk*. Arti dari manajemen dalam konteks ini adalah suatu seni untuk melaksanakan dan mengatur. Nah kalau menurut Merry Parker Follet manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Nah jadi kurang lebih manajemen adalah suatu seni untuk bekerja dengan orang-orang dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan tertentu, manajemen bisa juga disebut dengan aturan. Contoh dari manajemen adalah tata tertib.
Lalu apa hubungan antara organisasi dengan manajemen? Nah, pernah dengar manajemen waktu? Itu salah satu contoh dari manajemen, mengatur waktu. Nah itu kan perorangan butuh aturan, apalagi suatu organisasi yang terdiri dari banyak orang. Pasti butuh aturan untuk mengatur semua orang-orang itu agar dapat diwujudkan kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
Jadi antara Sistem Informasi, Organisasi dan manajemen itu saling berhubungan satu sama lain.



0 comments:

Post a Comment